Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 01 Desember 2012

Indahnya Bersyukur




Jika kita mau berpikir dan menelaah, sungguh banyak sekali nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita, hamba- hamba-Nya yang berada di dunia ini. Setiap jam, menit bahkan detik, kita tak pernah terlepas dari nikmat yang dianugerahkan Tuhan kepada kita. Seperti halnya oksigen yang disediakan oleh Allah secara melimpah dan gratis di dunia. Coba kita bayangkan, jika kita harus membayar untuk mendapatkan oksigen. Berapa banyak biaya yang harus kita keluarkan untuk bernafas? Padahal setiap detik kita harus bernafas.
Banyak orang beranggapan, bahwa nikmat itu hanya berupa kelimpahan materi belaka. Hal tersebut salah. Masih banyak nikmat yang diberikan Tuhan tanpa kita sadari. Seperti halnya nikmat kehidupan, keimanan, kebahagiaan, kesehatan dan ribuan nikmat Tuhan yang lain.


Setiap kita bangun tidur, banyak sekali hal yang patut kita syukuri. Alhamdulillah, kita masih bisa membuka mata dan melihat indahnya dunia, Alhamdulillah kita masih bisa menghirup segarnya udara pagi,  Alhamdulillah kita masih bisa menggerakkan kaki dan tangan untuk memulai aktivitas hari ini. Serta banyak lagi hal – hal yang harus kita syukuri.

Dan jika kamu menghitung-hitung ni'mat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya (karena banyaknya). Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyayang.
~ Qur'an: Surat An Nahl: 18 ~

Apa makna dari bersyukur?

Syukur berasal dari bahasa arab  شكر-يشكر-شكرا‘’ yang berarti berterima kasih. Sementara secara etimologi berarti ungkapan rasa terimakasih kepada Sang Pemberi Kehidupan atas segala nikmat yang diberikan kepada kita, hamba – hamba-Nya.

Mengungkapkan syukur dapat dilakukan dengan 2 cara. Syukur dengan lisan dan syukur dengan perbuatan. Misalnya kita diterima di sekolah yang kita idam idamkan sejak lama. Cara bersyukur dengan lisannya adalah dengan mengucap “ Alhamdulillaahorabbil’aalamiin” lalu dengan perbuatannya kita harus belajar rajin agar memperoleh ilmu yang bermanfaat selama di sekolah itu.

Lalu, mengapa kita harus bersyukur?
         
         Seperti halnya seorang manusia. Jika dia diberi hadiah oleh orang lain, dia pasti akan merasa senang lalu berterimaksih kepada yang memberi. Tindakan seperti itu sudah sepatutnya dilakukan bagi mereka yang diberi hadiah.
           
        Jika kepada manusia saja kita mau mengucapkan terimakasih, kita juga harus berterimakasih juga kepada Tuhan yang telah memberikan banyak nikmat yang jauh lebih indah kepada kita.
           
Dalam Al Quran, Allah berjanji kepada hamba-hambanya yang mau bersyukur.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: `Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih
`~Qs Ibrahim ayat 7~

Dari ayat di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kita harus mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah. Karena jika kita mau bersyukur kita akan mendapat tambahan nikmat dari Allah. Dan janganlah menjadi orang yang kufur(tidak bersyukur).

Mari Kita Bersyukur. . . . . .

Syukurilah segala sesuatu yang telah diberikan oleh Allah kepada kita. Baik itu besar maupun kecil.
Jangan mengecil –ngecilkan  nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita, padahal itu adalah sesuatu yang besar menurut orang lain.
Jangan mudah mengeluh, karena mengeluh itu adalah salah satu tanda orang tidak bersyukur.
Senantiasa berbagilah kebaikan pada yang lain karena itu adalah tanda orang bersyukur.
Lihatlah orang yang berada di bawahmu agar kamu senantiasa bersyukur.
Mari bersyukur . . . .
Karena senantiasa bersyukur itu indah.


0 komentar:

Posting Komentar