Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 18 Januari 2013

Pesona Hagia Sophia


Tampak Luar Hagia Sophia
Hagia Sophia adalah gereja katedral yang pertama kali di bangun di dunia. Gereja ini berdiri kokoh di Kota Istanbul, Turki. Dalam istilah bahasa setempat, bangunan megah ini dikenal dengan nama “AYA SOFYA”.
Bangunan yang sempat berfungsi sebagai masjid ini pertama kali dibangun oleh Raja Constantine II pada tahun 325 Masehi dan diresmikan pada tanggal 15 Februari 360 Masehi.Namun, gereja ini rusak akibat kebakaran yang terjadi pada tahun 404 Masehi.Hingga akhirnya tahun 415 Masehi dibangun kembali oleh Kaisar Theodosius II dengan bantuan seorang arsitek bernama Rufinos. Namun pada saat terjadi pertempuran nika(pertikaian antar sekte agama sekaligus antar suporter balapan kereta perang di Romawi) tahun 532 M. Kaisar Justinian I yang saat itu memegang kendali pemerintahan, memerintahkan kembal untuk membangun Hagia Sophia. Waktu yang dibutuhkan adalah 5 tahun. Pembangunan kali ini mengambil bahan-bahan dari berbagai kawasan kekaisaran. Tiang-tiang bergaya Yunani diangkut dari kuil Artemis di Ephesus. Batu-batu besar didatangkan dari Mesir. Marmer hijau diambil dari Thessalonika. Batu hitam didatangakan dari kawasan Bosphorus. Sementara batu kuning dibawa dari Suriah. Pembangaunan ini melibatkan lebih dari 10 ribu pekerja. Hasilnya, berdirilah gereja yang megah dan diresmikan pada tanggal 27 Desember 573 M. 

Dua puluh tahun kemudian, kubah utama Hagia Sophia runtuh karena gempa. Akhirnya, Justinian I memerintahkan saudara sepupu Isidoros dari Miletus, yaitu Isidoros muda, untuk memugar kembali gereja dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih ringan. Seiring berjalannya waktu, gereja katedral itu dipugar beberapa kali akibat guncangangempa. 
Pada tahun 1435 M, saat Dinasti Ustmaniyah berhasil menakhlukkan Konstantinopel di bawah kepemimpinan Mohammad Al fatih. Kemudian gereja katedral itu dialihfungsikan menjadi masjid kerajaan, yang disebut dengan masjid Aya Sofia.
Pada masa pemerintahan Sultan Bayazid II dua menara pertama berhasil dibangun. Kemudian pada masa Sulaiman Agung masjid itu dilengkapi dengan lampu gantung raksasa dari Persia.Pemugaran – pemugaran terus dilakukan hingga masa pemerintahan Sultan abdul majid. Akhirnya Hagia sophia tampak semakin indah dan mempesona disertai dengan fasilitas – fasilitas mulai dari perpustakaan, madrasah, dll. Setelah pemugaran selesai, Sultan abdul Majid meresmikannya kembali pada tahun 1256H/1848 M.
Tahun 1354 H, Bangunan ini berhenti fungsinya sebagai masjid. Setelah Turki berubah menjadi Negara Republik  menetapkan Ankara sebagai Ibukotanya, pada tahun 1355H/1936M, Hagia Sophia diubah fungsinya dari Masjid menjadi museum hingga saat ini.


Berikut adalah gambar - gambar yang menunjukkan keindahan dan kemegahan Hagia Sophia:


bagian dalam



                                                                                                                                                                                     

hiasan kaligrafi

paduan ornamen islam dan kristen



my references : 
  •      http://duniawisata.master.web.id/wordpress/?p=3099#comments 
  •      http://www.cheria-travel.com







0 komentar:

Posting Komentar